Arsitektur Masjid Kubah Biru Ciater yang Menarik dan Penuh Makna

Fast response info Harga Kubah Masjid: +6282210001369 (Fauzan Al Fatih)

Masjid kubah biru Ciater adalah salah satu daya tarik wisata religi yang terletak di kawasan Ciater, Subang. Masjid yang nama aslinya adalah Masjid Jami As Sa’adah ini didirikan atas usul dari Almh. Hj. Elizabeth Saa’dah dengan berbagai keunikan arsitektur sekaligus juga interiornya. Masjid ini dibangun didalam kawasan wisata Lembah Sarimas dan berlokasi hanya 200m didekat obyek wisata Sari Ater. Berikut adalah alasan mengapa masjid Jami As Sa’adah ini dikatakan istimewa dan unik dibanding masjid lain yang ada di kawasan Indonesia.

Eksterior

Saat Anda berkunjung ke kawasan Ciater, Anda akan bisa melihat masjid dari sisi kanan jalan dan keindahannya terlihat dari susunan 3 kubah yang berbentuk bulat dan 5 kubah lonjong yang menjulang tinggi. Kubah masjid As Sa’adah ini memakai warna biru sebagai warna utama yang dibuat dengan desain saling bersilang sejak bagian atas jendela. Alasan mengapa desain kubah dibuat dalam model garis silang yang berujung pada atap kubah tidak lepas dari filosofi kubah itu sendiri, bahwa pola pemikiran manusia yang berbeda antara satu dengan lainnya, suatu saat tetap akan bermuara pada satu titik, yaitu keimanannya pada Allah SWT. Adapun keisimewaan lain yang bisa ditemui dari masjid ini, yaitu:

a.    Kubah yang bentuknya menggelembung seperti jamur memiliki makna mengayomi, menuntun,  dan melindungi siapapun umat muslim yang beribadah kepada Allah SWT.

b.    Kubah masjid juga dilengkapi komponen keramik biru diagonal yang menggambarkan lambang keserasian, keselarasan, kesetaraan, dan kesatuan, dalam artian setiap umat muslim yang datang untuk beribadah ketempat ini akan memilki kesetaraan yang sama di mata Allah SWT.

c.    Jika Anda melihat dari dekat, kubah masjid yang satu ini memiliki desain lancip pada ujung menara karena pengaruh dari masjid Kul Sharif Rusia. Tak hanya itu, kombinasi warna biru tua dan kuning yang ada pada menara menunjukkan konsep toleransi dan kerjasama yang bermaksud untuk membawa perkembangan agama agar menuju ke arah yang lebih baik.

 

Interior

Selain keistimewaan yang diperlihatkan dari segi eksterior, ada keistimewaan lain yang bisa ditinjau dari sisi interior, yaitu:

a.    Interior dalam masjid yang didominasi kaca menunjukkan kesetaraan dan keserasian dalam bangunan yang menandakan siapa saja boleh menikmati kenyamanan dalam lingkungan masjid.

b.    Masjid As Saa’dah ini juga dilengkapi dengan berbagai arsitektur keramik yang kombinasinya sangat menarik,

c.    Untaian kaligrafi yang ada di sekeliling dinding dan bagian dalam kubah menunjukkan semangat untuk selalu ingat kepada Allah SWT akan kebesaranNya maupun limpahan rahmatNya.

d.    Ketika Anda melihat ke area langit-langit masjid akan terlihat lampu kristal gantung yang memiliki desain unik dan menjadi fasilitas masjid untuk ibadah umat muslim pada malam hari.

e.    Pilar-pilar penyangga yang berdiri kokoh juga akan menyambut Anda yang datang ke masjid ini.

Meski ada didalam resort wisata, masjid kubah biru dibuka untuk umum dan setiap harinya ada banyak jemaah yang menjalankan shalat 5 waktu di tempat ini. Tak hanya itu saja, masjid yang bisa menampung hingga sekitar 900 jemaah tersebut juga sering digunakan untuk menggelar kegiatan rohani seperti i’tikaf, ceramah, hingga pendampingan rohani. Jika Anda ingin melihat langsung masjid, Anda bisa datang ke kawasan Ciater, Subang dan beribadah didalam masjid sambil menikmati pemandangan kebun teh yang sangat luas.

Baca juga: Harga Kubah Masjid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *