Kubah Masjid Modern

Fast response info Harga Kubah Masjid: +6282210001369 (Fauzan Al Fatih)

Pada awalnya dulu, sebuah masjid dibangun hanya berupa desain bangunan yang dibatasi tembok di sisi kanan dan kiri pada suatu tanah lapang. Jadi tidak ada menara masjid, tidak ada kubah megah, bahkan atap masjid sekalipun tidak ada. Bisa dibilang masjid awalnya dulu tidak memiliki apa-apa. Lain halnya dengan bangunan masjid-masjid jaman sekarang yang memiliki menara dan kubah megah.

Bila dibandingkan, bangunan masjid terdahulu memang begitu sederhana. Masjid tidak memiliki jendela, migrab, alas, ataupun ornamen masjid yang mempercantik isinya. Untuk kebutuhan mengumandangkan azan, seorang muazin pun harus naik ke tempat paling tinggi di dekat masjid agar suara azan terdengar jauh. Hal ini dilakukan karena tidak ada menara masjid.

Namun, kini bangunan masjid tampil modern. Sejumlah masjid dibangun lengkap dengan kubah masjid berdesain modern. Keberadaan kubah masjid modern itu sendiri diyakini menambah pesona keindahan dari suatu masjid. Bisa dilihat sekarang kubah masjid bahkan hadir dengan bentuk apik dan sangat bervariasi. Mulai dari desain kubah masjid modern bentuk bulat sempurna, bentuk bola sepak, bentuk mirip bawang yang unik, bentuk bulat yang ditutup polesan beratap runcing. Bahkan yang menakjubkan ada pula kubah masjid terbang.

Desain kubah masjid modern mempunyai struktur atau kerangka kubah yang dibuat dari bermacam material. Tentunya dengan desain yang lebih apik dan lebih modern. Desain kubah masjid modern sendiri termasuk produk terbaru untuk sebuah kubah masjid, mushola, atau bangunan sejenis lainnya. Material beton ataupun stainless dapat diaplikasikan untuk bermacam bentuk kubah baik itu kubah masjid modern atau bentuk lama sekalipun. Teknik semacam ini sekiranya dapat memudahkan pengaplikasian ke bangunan kubah masjid yang sudah ada atau sudah siap. Sejumlah desain kubah masjid modern sekarang ini memang dirancang secara khusus dan menggunakan material yang bervariasi pula. Beberapa material yang kerap digunakan untuk sebuah kubah masjid bergaya modern, diantaranya yaitu:

  1. Material Standar Stainless Steel

Kubah masjid modern berbahan stainless steel adalah material standar. Material ini mempunyai ketebalan antara 0,4 sampai dengan 0,5 mm. Termasuk material berkualitas baik untuk sebuah kubah masjid modern karena material yang anti karat dan memiliki daya tahan tinggi. Namun, bahan stainless steel hanya mempunyai satu kombinasi warna asli yaitu mengkilap yang tidak bisa dicat.

  1. Material Galvalum

Material berikutnya yaitu galvalum. Galvalum memiliki ketebalan antara 0,4 – 0,5 mm dengan sifat anti karat, dan kualitas yang nyaris sama dengan stainless steel. Akan tetapi, bedanya galvalum dapat dicat dengan warna sesuai keinginan atau desain masjid yang didambakan. Hal ini karena material ini memungkinkan untuk powder coating atau pengecetan sintesis. Galvalum juga mudah dicat ulang bila menginginkan warna corak yang berbeda di kemudian hari. Sebuah kubah masjid modern dan kubah masjid terindah di dunia yang dibuat dari material galvalum konon mampu bertahan hingga lebih dari 10 tahun lamanya, asal proses pengecetan material dilakukan dengan baik.

  1. Material Baja Low Carbon (Baja Ringan)

Kubah masjid modern berbahan baja ringan menggunakan sistem enamelling dalam pengecatannya. Ketebalan plat baja yang digunakan berkisar 0,8 – 1,0 mm. Meski lebih tebal dibanding bahan lain tetapi bahan baja ringan ini juga berkualitas karena tidak mudah berkarat lantaran sistem pengecetan enamel. Cat enamel pun digadang-gadang mampu bertahan lebih dari 30 tahun selama tidak ada cacat fisik dari cat enamel tersebut saat pengaplikasian atau proses pengecatan. Bila ada cacat fisik, maka cukup berisiko terjadi celah yang memungkinkan pengkaratan pada bahan dasar. Sementara cat enamel tidak dapat dicat ulang. Sehingga proses pengecetan dengan sistem enameling memang perlu dilakukan secara hati-hati oleh sang ahli.

Baca juga: Harga Kubah Masjid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *